Sunday, November 05, 2006

mudik yang berat? ituw....

akhirnya buku telepon ada gunanya, nelpon kesana kemari...gak ada otobus yang mau terima penumpang resmi lagi :(...kata sapa? ada 1...terakhir ditelepon...ditelepon terakhir karena dari dulu memang terkenal biar lambat asal telat...ke negeri btw 24 jam...makanya dulu gak pernah terlintas untuk mencobanya lah wong ada bus yang brangkat jam 15.00 sampe jakarta jam 8.00 pagi, lah wong ada travel yang berangkat jam 17.00 belum jam 10.00 pagi dah sampe jakarta juga ngapain milih yang lambat...sekarang terpaksa, harga digantung tinggi..merem ajah! yang penting perjalanan ditanah leluhur terlaksana sesuai rencana, walaupun uang kembalian tiket pesawat dipotong 50ribu dan 60ribu...makan tuh duwit! wong waras bener...gak pernah mau rugi makanya! pesawatnya gak terbang juga tetep nodong dengan alesyan "kan cancelnya bukan pada hari "H""! (stau gwe hari cuman ada senen slasa rebo kemis jumat saptu minggu)

negeri terselubung asap teganya dikauw! kauw paksa aku kembali kemasa lalu..menyusuri jalan lintas menuju negeri btw dimana kreta penuh sesak telah menunggu.
5 tahun sudah tidak merasakan masakan ditempat makan tiap bus berhenti, sudah tidak hafal jalan² yang rusak...yang jelas sekarang sepanjang tepi jalan bangunan makin banyak dan rumah² kecil yang dulu kebanyakan sudah menjadi rumah bertembok dan berparabola dan diselimuti asap...mantab! moga² kebun sawit, karet dan nenas makin cepat mendatangkan harta...bukan bencana.

xixixi..bencana...gwe kena tulah tuw ngetawain pasien tiban simbah...pas baru masuk propinsi sumatra selatan...dimana jalan lintasnya terkenal jarang mulus dan berlobang selalu, tiba-tiba di 1/2 hari puasa saat itu perutku mlilit...duh kacauw nih dalam pikirku...ciri² mencretku kumatz...padahal sahur seperti biasa, buka juga gak ada yang istimewa kok tau² tanda itu datang...pasti karena stress aja nih, tegang, sebel dan ndongkol effect...hiks...dahulu kala aja pernah mencoba kencing ditoilet bus yang melaju dijalan lintas sumatra selalu gagal total...la ini kok malah harus melaksanakan ritual buang apes segala...apa bisa?

tatkala hasrat itu meningkat...melesat secepat kilat ketoilet bus...buka pintu pembatas ruang AC dan ruang merokok...wutt...wee ladalah...sekilas ada 8 kepala berjubel diruang merokok dimana pintu toilet terganjal salah satu penumpang numpang itu...pasang senyum manis seraya menahan hajat...bilang permisi dan permisi...langsung brak!..tutup pintu...gak ada slot buat ngunci...waaa...satu tangan megang gagang pintu, satu tangan nglepas celana...hiks...mana gwe pake sepatu boot safety lagi...hiks..lengkap sudah kebahagiaan ini. jongkok gak bisa full jongkok deh...dan pret..pret..preeett....[dora mode ON] berhasil...berhasil...berhasill.....

tiba² bus belok...weittss...handel pintu terlepas..membuka...secepat kilat kembali aku tutup..gubrak!...setengah jongkok...sebel...setengah lega...kluar juga akhirnya, tersenyum sendiri dalam keremangan toilet...xixixi...akhirnya jaman edan terasa nikmat juga. kembali pake permisi²an melintas ruang merokok yang penuh sesak..kembali nikmati pemandangan asap sepanjang jalan...dipinggiran kota palembang malah masih banyak kliatan bara-bara berapi disesemakan.

waktu buka tiba...bus berhenti bukan dirumah makan biasa..darurat dari pada penumpang yang berpuasa kiamat (berlebihan deh!)...nasi keras...makanan pedas ternyata tidak membuat mencretku berlanjut...walaupun aku paksa gak kentut..kentut dilarang..takut sang angin perut membawa pengikut. tengah malam perut memberi tanda...ketoilet lagi...ternyata aman...gak ada yang keluar. untuk menghindari hal² diluar keinginan, pas berhenti buat sahur...makan mie seduh tok! gak pake bumbunya apalagi ditambah irisan cabai. slamet sampe jakarta...bener lho 24 jam...hiks...lambat banget memang itu otobus...tidur buat berjuang malamnya dikereta.

walaupun dapat tempat duduk...agak risi juga karena disamping lorong itu terhampar ibu muda sendirian menggelar koran terkapar tepar gak tau mo mudik kemana. kreta bisnis bener² ajang bisnis, asongan, koran, tukang ngamen, tukang sapu? juga kondektur..xixixi...salam tempel tuw!.

sambutan tukang ojek dan tukan becak meriah sekali...lebih meriah dari tahun lalu kayaknya. aku pilih becak...semilir angin subuh menyegarkan...adem...lega akhirnya sampe dirumah ibu lahir.

mudikku...berat...tapi masih ada yang lebih berat...orang-orang yang dari ujung pulau sumatra...naik bis sekedarnya...berhari² dijalan untuk menuju ujung jawa...kepanasan...pada tidak berbaju...gak mandi juga mungkin....berjejal...bangku tempel...teryata dijawa sendiri tak ada beda...berebut masuk kereta...mudik adalah cermin betapa tangguhnya bangsa endonesa...tapi juga gambaran lemahnya bangsa kita...karena perjuangan itu menyebabkan sesama kita saling menghimpit...yang terkuat yang berkuasa yang berjaya...moga² penguasa kita tidak buta sehingga mau lebih ikhlas membangun sarana untuk rakyatnya
oón
Read more...